Sejak nulis artikel soal self sabotage, saya jadi menganalisa kira kira believe apa yang saya percaya dan tertanam di alam bawah sadar saya yang turut andil dalam mensabotase perjalanan saya menjadi trader yang cuan. yup, kenapa saya selalu punya kecenderungan ngembaliin cuan yang sudah saya raih. punya kecenderungan takut bahkan ga pernah untuk letting my winner run. kenapaaaa!!

sebagai newbie, dengan cita cita menjadi meraih kebebasan financial dr trading memang tidak bijak menjadikan cuan sebagai tolak ukur, fokus pada process oriented jauh lebih mendukung keselamatan on the long run. Tapii.. kebiasaan ngembaliin cuan bahkan loss dgn size kurang ajar jelas bikin cape. rasanya seperti gali lubang tutup lubang. artikel saya tentang self sabotage membuka mata saya terkait believe yang mungkin saja menjadi penyebabnya.

Dibanyak buku, khususnya buku psikologi / human behavior, menyebutkan bahwa tanpa didasari manusia itu subconscious driven, alam bawah sadar lebih memiliki peran dalam pencapaian kita sehari hari dari pada alam sadar. Pendeknya, alam bawah sadar yang positif (mendukung) dianggap lebih menentukan (memiliki peranan lebih besar) bagi seseorang untuk meraih sukses ketimbang alam sadarnya. subconscious  diam diam mengatur semua aspek (khususnya yang di dalam diri) untuk mendukung believe yang tertanam dalam alam bawah sadar kita. Katakanlah anda takut anjing, anda ingin suka anjing namun entah mengapa anda selalu takut, bisa jadi dalam subconscious anda tertanam satu believe tentang anjing yang tidak anda sukai (i.e jahat dan galak) anda tidak akan bisa suka anjing selama believe itu masih tertanam. jika di ilustrasikan, alam sadar dan alam bawah sadar itu seperti gunung es, dipermukaan, alam sadar sepertinya memiliki pengaruh kuat terhadap kesuksesan kita, Nyatanya alam bawah sadar yng tersembunyi memiliki peranan jauh lebih signifikan. Jauuuuhhh lebih signifikan. Jauh bangetttt.

saya pernah ikut pelatihan mindsetting, buat saya, believe di level subconscious itu yang kita kenal sebagi imprint. yaitu hal/ kejadian / believe yg tertanam dalam alam bawah sadar yg mendrive respon kita pada suatu hal di alam sadar. misalkan anda (ato ketemu org yang ) benci sekali sama ahok, pokoknya apa aja yang ahok lakukan selalu salah, haram, bahkan sesat. pokoknya kafir deh. atau anda suka barca, mau sejelek apapun mainnya lionell messi, anda akan cenderung melihat messi bermain bagus. Yang jelek teman temannya. hal hal kayak diatas menunjukan anda memiliki imprint tertentu di dalam subconscious anda terkait ahok atau messi.

balik lagi ke tema tulisan ini, kenapa saya masih saja belum profitable? Mengapa saya sulit sekali untuk disiplin letting profit run?

diam diam, tanpa saya sadari, ternyata hal tersebut disebabkan oleh diri saya sendiri. yup. Saya lah yang menetapkan bahwa saya akan belajar saham pling tidak 3 tahun ini, ( start 2013 lalu 2014,2015,2016). ga percaya? Anda boleh baca tulisa tulisan-tulisan saya yang terdahulu, Atau baca di artikel saat saya mengumukan project RSGN.  saya selalu tetapkan bahwa project RSGN adalah periode belajar. dan sialnya, saya sangat percaya sebelum menjadi trader sukes kelas berat maka hal utama yang perlu dilalui adalah menjadi trader yang kalahan. Yang loss bahkan bangkrut. karena saya percaya, salah satu atribut penting untuk menjadi trader sukses adalah mahfum bahwa loss adalah sebagian dr proses, mahfum pentingnya disiplin, apalagi selain ditampar loss yang bisa menanamkan displin tingkat tinggi? . bahkan saya punya believe bahwa ga fair (ga seru) lah kl saya langsung sukses, rugi dlu lah. hehe. biar seru dikit. Songong banget ga? (Koplaakkkk).

anda boleh menggap saya becanda, namun hal diatas memang saya tanamkan betul di believe saya. Saya sering banget berkoar bahwa sebagai trader, saya saat ini sedang diperiode mempertahankan kekayaan, bukan mengakumulasi!!  dan believe inilah yang terus (mendorong saya untuk) mensabotase cuan yang sudah saya peroleh. damn!!!

lantas believe apa yang ada di subconscious saya yang menyebabkan saya tidak disiplin untuk letting my profit run? ini semua akibat imprint yang tertanam dalam diri sejak kecil. Nyaris semua dari kita diajarkan hal ini, yaitu: sukuri apa yang ada, ambilah yang sudah pasti diberikan, berharap mendapaktkan lebih selalu dianggap rakus. atau bahkan tidak bersyukur. Betul apa betul? bahasa inggrisnya, one bird in the hand are better than two in the bush. Ditanamkan dalam alam bawah sadar kita untuk menerima apa yang sudah diterima tanpa mengharapkan sesuatu yang ga pasti (getting two bird in the bush) . padahal trading adalah game of probability, ga ada yang pasti, maka sudah nature kita cenderung mengamankan apa yang sudah di dapat. makanya letting winner run itu susaaaaahhhh. Karena melawan human nature.

untungnya dua penyebab diatas ada obatnya, subconscious bisa di ubah dengan upaya yang kuat, anda bisa googling caranya. yang penting, jika anda merasa kok hidup anda gitu2 aja, kok kayaknya ada aja yang menghalangi anda untuk sekses. Anda perlu segera bertafakur. jangan jangan ada imprint yang menghalangi jalan anda menuju sukses.

untungnya lagi, not profitable yet bukan berati saya jalan di tempat, dibanding tahun lalu saya jelas way better trader. sistematika trading saya lebih jelas. jauh lebih melek dgn risk and trade management. mumpung desember ini adalah akhir dari periode project RSGN. mulai januari saya memasuki periode project CMPND. sejak awal trading saya memang sudah menset milestone. bagaimana dengan anda?